Label

Kamis, 30 September 2010

Bedah Buku SEJARAH KAUMAN "Menguak Identitas Kampung Muhammadiyah" di ADi TV

Bedah Buku SEJARAH KAUMAN
"Menguak Identitas Kampung Muhammadiyah" di ADi TV



Kauman sebuah perkampungan yang terletak di sebelah barat Alun-alun Utara Yogyakarta.  Pada akhir abad 19 atau memasuki awal abad 20, kampung ini hanya sebuah pemukiman kecil dari sebuah masyarakat yang memiliki karakteristik khusujs.  Tetapi dari kampung kecil inilah sebuah gerakan besar lahir.  Perintisnya seorang Khatib Masjid Besar Yogyakarta.  Penggeraknya para santri di Langgar Kidul yang dikenal reformis dan progresif.  Khatib tersebut tidak lain adalah KH. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah.
Buku ini menguak bagaimana proses KH. Ahmad Dahlan dan santri-santrinya mengenalkan pemahaman Islam modern dalam konteks masyarakat Islam tradisional yang mengisolasi diri dari perubahan-perubahan yang tengah terjadi di Yogyakarta pada awal abad ke-20.
Penulis buku ini adalah Ahmad Adaby Darban, lahir di Yogyakarta 25 Februari 1952. Dia adalah putra HM. Darban AW dengan Hj Sitti Aminah.  Mengenyam pendidikan di TK Bustanul Athfal Kauman, SD Muhammadiyah Ngupasan, SMP Muhammadiyah 1, dan pernah merangkap di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Yogyakarta, kemudian melanjutkan di SMA Negeri IV.  Pendidikan tinggi ditempuh Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, kemudian melanjutkan S2 Jurusan Humaniora Fakultas Pasca Sarjana UGM.  Pada tahun 1990-1991 mengikuti Pra S3 di Monash University Australia.
Dalam organisasi dimulai dari Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Sosrokusuman, kemudian Ketua Umum Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PII), juga kemudian aktif di PP Tapak Suci Putra Muhammadiyah.  Ketua Majelis Pustaka PP Muhammadijabat tahun 1995-2000, Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah tahun 2000-2005 serta pada tahun 2005-2010 sebagai Wakil Ketua Lembaga Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah pada tahun 2005-2010.


Tidak ada komentar: