Label

Rabu, 29 Oktober 2008

Belajar sholat secara Audio Visual bersama Ustadz Suprapto Ibnu Juraimi

Bismillahirrahmanirrahim
(Dengan nama Allah, Maha Pemurah Maha Pengasih)
"Apabila kamu telah selesai shalat, maka ingatlah kepada Allah, sewaktu
berdiri, duduk dan berbaring. Kemudian kalau sudah amat tenteram, maka
kerjakanlah shalat itu (sebagaimana biasa), sesungguhnya shalat itu diwajibkan
kepada orang-orang yang mukmin, dengan tertentu waktunya."(QS. An-Nisa:103)
Sholat adalah suatu kewajiban ibadah kepada Allah, yang dilaksankan dengan gerakan dan bacaan tertentu. Gerakan dan bacaan tersebut harus bersumberkan ajran Rasulullah Muhammad SAW, sebagaimana hadits :
Hadits dari Malik bin Huwairits ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:
"Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku melakukan shalat". (Diriwayatkan oleh al-Bukhari).
Ummat Islam sekarang ini belum ada yang pernah melihat Rasulullah SAW menjalanakan sholat. Tetapi kita "hanya" mendapatkan "cerita" bagaimana Rasulullah SAW mengajarkan dalam bentuk tulisan. Tulisan (kitab) itupun ditulis jauh setelah Rasulullah SAW wafat. Meski demiukian kita meyakini "cerita" yang disebut HADITS mempunyai tingkat akurasi dan kepercayaan yang sangat tinggi bersumber dari Rasulullah SAW.
Persoalannya adalah menceritakan dengan LISAN sebuah bentuk gerakan visual terkadang tidak bisa diterima secara utuh, apalagi kemudian "cerita lisan" itu kita terima dalam bentuk tulisan. Ada kesulitan tersendiri merubah bentuk tulisan menjadi sebuah gerak visual, karena (sayangnya) pada zaman Rasulullah SAW belum ada teknologi rekam visual.
Untuk itu pada saat sekarang ini perlu dibuat "pelajaran sholat" dalam bentuk Audio Visual, agar kita mempelajari dengan lebijh baik.
Berikut disajikan Pelajaran Sholat bersama Ust HMS Ibnu Juraimi dalam bentuk Audio Visual, dengan pemandu Mas Erwin Allahu yarham, dulu staf Rektorat UAD, meninggal 2 tahun lalu


Sholat (1)


Sholat (2)


Sholat (3)


Sholat (4)


Sholat (5)


Sholat (6)

Tidak ada komentar: