Label

Jumat, 18 Juli 2014

Membludak, Pendonor di Safari Ramadhan Donor Darah Pundi Amal SCTV di Yogyakarta


Panitia Safari Ramadhan Donor Darah Pundi Amal SCTV, pada Minggu 6 Juli 2014, yang terdiri dari Pengurus Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta - PMI DIY dan Pundi Amal SCTV terpaksa menambah jumlah bed menjadi 40 buah karena antusiasme warga yang hendak mendonorkan darahnya terus meningkat sejak pendaftaran dibuka pada usai Shalat tarawih. Usai kegiatan, PMI telah mengumpulkan 805 kantong darah yang berarti lebih dari jumlah yang ditargetkan sebanyak 750 kantong darah. Begitupun masih ada seratusan orang calon pendonor yang batal mendonorkan darah dan akhirnya meninggalkan lokasi.

"Ini di luar dugaan kami, karena pada tahun-tahun sebelumnya jumlah pendonor hanya mencapai sekitar 400 pendonor," kata Ketua Umum Pundi Amal M. Risanggono. Yogyakarta merupakan kota pertama dari rangkaian Safari Ramadhan Donor Darah Pundi Amal SCTV yang meliputi empat kota, Yogyakarta, Malang, Batu dan Surabaya. Donor darah dilakukan setelah berbuka puasa atau sekitar pukul 18.00 WIB dan ditutup setelah shalat tarawih.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, kata Risanggono merupakan upaya dari Pundi Amal SCTV bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengatasi minimnya persediaan darah yang sering terjadi selama bulan puasa. "Donor darah Ramadhan merupakan agenda tahunan Pundi Amal SCTV sebagai salah satu wujud menjalankan amanah yang dititipkan para pemirsa setia SCTV dengan menyalurkan bantuan kepada masyarakat," katanya. Mendonorkan darah merupakan bentuk lain dari beramal yang juga menyehatkan badan. Para pendonor yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan kaus donor darah sebagai tanda terima kasih dan konsumsi yang sudah disiapkan Pundi Amal SCTV. Untuk menghibur para pendonor, Pundi Amal SCTV juga mengundang Christie Colondam atau yang lebih dikenal dengan Christie Miss Celebrity SCTV yang juga merupakan pembawa acara beberapa program di SCTV. 

Christie tertarik dengan berbagai macam kegiatan yang digelar Pundi Amal SCTV seperti donor darah di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Dirinya hadir di Yogyakarta sebagai bentuk dukungan terhadap Safari Donor Darah Ramadhan Pundi Amal SCTV. "Kegiatannya sangat ramai! kaget juga karena ini pertama kali aku mengikuti kegiatan donor darah dari awal, bahkan sempet diperiksa juga loh, tapi sayangnya belum memenuhi syarat untuk mendonor. Lebih kaget lagi karena bisa ketemu banyak pendonor, ada yang sudah ratusan kali berdonor, ada juga yang datang 20 km dari luar Jogja, jauh-jauh hanya untuk donor darah di bulan puasa pula, antusiasme masyarakatnya jempolan deh" katanya. (har)

Tidak ada komentar: